Research Products

Teknologi Smart Dome 4.0: Mempermudah Petani dan Menjaga Kualitas Panen 24/7

Solar Dryer Dome di Bali

Solar Dyer Dome adalah sistem energi pintar, biaya-murah dan mandiri untuk keperluan pengeringan atau penyimpanan dalam kerangka pertanian.  Solar Dryer Dome ini merupakan sebuah inovasi dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Eng. Fergyanto E. Gunawan dari Bina Nusantara University bekerjasama dengan Universitas Trisakti dan PT Impack Pratama Industri. Penciptaan inovasi ini dituju untuk membantu para petani di daerah pelosok Indonesia sehingga bisa mengoptimalkan hasil panen mereka. Banyak hasil panen seperti kopi, daun kelor dll. perlu mengalami proses pengeringan yang cukup lama. Sayangnya, saat ini para petani mengandalkan cuaca untuk pengeringan sehingga membutuhkan waktu yang relatif panjang dan sangat tergantung pada kondisi lingkungan yang ada. Dengan adanya Smart Dome 4.0, para petani dapat melakukan pengeringan dan penyimpanan secara lebih efektif dan efisien, bahkan di malam hari. Tentunya ini akan membantu meningkatkan kualitas hasil panen, sehingga keadaan ekonomi para petani pun akan jauh lebih baik.

<<more>>

Pet-Care Sistem Terintegrasi Berbasis Mobile Apps untuk Memfasilitasi Kebutuhan Homecare dari Dokter dan Tenaga Kesehatan Hewan

Aplikasi Medi-Call Pet-Care ServicesAplikasi Medi-Call Pet-Care Services

Project Medi-Call Pet-Care Services dilaksanakan dengan memanfaatkan kolaborasi antara perguruan tinggi dan dunia usaha. Dalam project ini, Universitas Bina Nusantara bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Pertamina dan berkolaborasi dengan rekanan dari dunia Industri yaitu PT Medika Nusantara Gumilang atau dikenal dengan nama produknya yaitu Medi-Call. Aplikasi Medi-Call sendiri merupakan penyedia layanan kesehatan homecare dan home visit terintegrasi berbasis aplikasi yang mampu menghubungkan dokter dan tenaga kesehatan secara langsung kepada pasien di rumah. Dengan bantuan teknologi yang dikembangkan, Medi-Call dapat diakses dengan mudah oleh pasien yang membutuhkan jasa homecare atau home visit dari para partner yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, dan fisioterapi dengan cepat, mudah, dengan biaya yang relatif terjangkau. Project Medi-Call Pet Care Services ini mereplikasi keberhasilan Medi-Call layanan kesehatan hewan.

<<more>>