RIIM – Ekspedisi Gelombang I

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyelenggarakan skema pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Ekspedisi. Pendanaan RIIM – Ekspedisi merupakan pendanaan riset berbasis kompetisi dan kompetensi untuk menghasilkan data ilmiah dan/atau koleksi Ilmiah dalam rangkaian penjelajahan dan penyelidikan lapangan secara ilmiah dengan tujuan untuk memperoleh temuan data, pengetahuan, wawasan baru atau sumber-sumber koleksi ilmiah terkait keanekaragaman sumber daya alam, sosial budaya, dan arkeologi yang terdapat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Mei 2023 hingga 21 Juni 2023.

Skema Pendanaan RIIM – Ekspedisi memiliki 7 tema dan kawasan riset sebagai berikut:

1. Biodiversitas dan Sumber Daya Hayati

2. Kesehatan dan Pengelolaan Lingkungan

3. Perubahan Iklim

4. Sumber Daya Geologi

5. Kebencanaan Geologi

6. Pengungkapan Potensi Lokal

7. Etnologi

Pendanaan RIIM – Ekspedisi terbatas pada usulan:

1. Riset Ekspedisi yaitu kegiatan yang berhubungan dengan riset/penelitian/penyelidikan ilmiah dan penjelajahan di wilayah yang relatif baru atau kurang dikenal.

2. Riset Eksplorasi yaitu kegiatan riset/penelitian/penyelidikan ilmiah di daerah tertentu.

3. Studi lapangan.

4. Bukan berupa usulan riset berbasis laboratorium, kajian ilmiah, dan/atau penggunaan data sekunder.

5. Bukan merupakan kegiatan pengujian alat atau hasil prototipe di lapangan.

Pendanaan RIIM – Ekspedisi dapat diakses oleh semua periset Warga Negara Indonesia (WNI) yang berasal dari lembaga riset, perguruan tinggi, badan usaha, dan organisasi kemasyarakatan yang dapat bekerjasama dengan mitra riset asing sesuai dengan mekanisme yang telah diatur. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada panduan terlampir atau dapat juga diakses pada laman : https://pendanaan-risnov.brin.go.id/program/eyJpdiI6IkMyM0NqR1J4NTdwTFlmZm52QVJhT2c9PSIsInZhbHVlIjoiRnhNdnAxVEJBMkVldERsZytDZGUzdz09IiwibWFjIjoiZGJjNTgzZDRmYWVhYzA0ZDQxZWMzZjczYmNkMGY0NDFmYjYzNGY3OWJkNTJiNjUwNWRhODQwZWU0YWU0YTZjYiIsInRhZyI6IiJ9

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya terima kasih.

Pedoman Program RIIM – Ekspedisi tahun 2023