SMAPHA: Sistem Cerdas Pemetaan Tingkat Kesehatan Masyarakat Berbasis Artificial Intelligence

Tim Dosen dari School of Computer Science, Bina Nusantara University pada tahun 2022 yang diketuai oleh Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., M.T.I berhasil mendapatkan hibah Kedaireka Matching Fund dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Projek yang mengusung tema kemandirian kesehatan melalui judul SMAPHA: Sistem Cerdas Pemetaan Tingkat Kesehatan Masyarakat berbasis Artificial Intelligence bermitra dengan PT. Pharos Indonesia dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat dalam rangka pelaksanaan program kegiatan.

Berbagai kegiatan mulai dari Focus Group Discussion, seminar nasional, penelitian serta pelatihan yang diikuti lebih dari 800 mahasiswa dan lebih dari 100 dosen yang berasal dari dalam Bina Nusantara University maupun dari luar kampus diadakan dengan mode onsite, online maupun hibrid. Luaran reka cipta yang diharapkan dari projek Kedaireka Matching Fund berupa sistem cerdas yang diberi nama SMAPHA ini telah rampung dibangun, disosialisasikan serta di launching pada tanggal 5 Desember 2022 di hotel Aston Kartika, Jakarta.

Sistem cerdas SMAPHA yang dibangun ini memiliki fitur untuk dapat diakses oleh para pengguna mitra baik PT. Pharos maupun Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat. Fitur yang dimiliki berupa dashboard yang dapat memberikan informasi terkait dengan indeks kesehatan masyarakat, penggunaan obat-obatan serta fitur untuk mendapatkan prediksi human loss productivity.

@kedaireka_id

#kedaireka #MatchingFund2022 #KolaborasiPentahelix
#KolaborasiInovasiMembangunNegeri

Haryo Sutanto