Pengembangan Riset dan Teknologi GeoAI untuk Pemerintah Daerah di Indonesia

Sesuai dengan surat pengumuman No 0680/E/KS.06.02/2022 yang di tandatangani oleh Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Tim Geo-AI Research and Innovation Lab, School of Computer Science, Universitas Bina Nusantara yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Ir. Edy Irwansyah, ST, M.Si., IPM, ASEAN Eng Kembali dipercaya untuk memperoleh Hibah Matching Fund Kedaireka yang ke-2 ditahun 2022 ini.

Topik yang diusulkan untuk dilakukan adalah “Pengembangan Penelitian dan Adopsi Teknologi Geo-AI untuk Pemerintah Daerah di Indonesia; Studi Kasus Digital Twin dan Ekonomi Hijau”. Penelitian ini akan menawarkan solusi inovatif dengan menerapkan dan memanfaatkan teknologi geospasial terkini Geo-AI. Khususnya digital twins dan deep learning untuk perencanaan kota/lanskap berbasis data 3 dimensi dan mitigasi banjir untuk mendukung implementasi ekonomi hijau yang sejalan dengan program Nawa Cita. Dalam penelitian ini, peneliti bekerjasama dengan P.T. Esri Indonesia.

Tim Peneliti yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu: Dr. Ir. Edy Irwansyah, ST, M.Si., IPM, ASEAN Eng, Dr. Ir. Alexander Agung Santoso Gunawan, M.Si., M.Sc., IPM., Fabian Surya Pramudya, Ph.D., Syarifah Diana Permai, S.Si, M.Si., Santy, S.Kom., M.Sc., Dr. Devi Fitrianah, S.Kom., MTI, Noviyanti Tri Maretta Sagala, S.TI, M.Sc.

Detail Kegiatan yang akan dijalankan terdiri dari Seminar Ilmiah Terbuka / Umum dan Research Dive, Seminar International, Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Untuk Dosen, Pengembangan Mata Kuliah Berbasis Case Study (3 modul), Focus Group Discussion dengan Pemerintah Daerah, Capacity Building untuk Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Aceh dan Sulawesi Selatan, Mini Project dari Studi Kasus Pemda, Diseminasi Hasil Project dan Riset kepada Pemerintah Daerah dan International Short Course.

@kedaireka_id

#kedaireka #MatchingFund2022 #KolaborasiPentahelix
#KolaborasiInovasiMembangunNegeri

Haryo Sutanto