Bali Ideathon 2021: Bali Kembali [Call For Proposal]

A.Latar Belakang
Untuk memulihkan Provinsi Bali, peningkatan produktivitas masyarakat yang bebas COVID-19 tentu akan membantu dalam memulihkan kondisi Provinsi Bali yang terpuruk.
Melalui penelitian ini, dosen dan peneliti aktif diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong pemulihan Provinsi Bali.

B.Tujuan
Tujuan utama penyelenggaraan kegiatan Ideathon: Bali Kembali adalah untuk menjaring ide/gagasan yang implementatif dan inovatif berbasis kearifan lokal. Melalui kegiatan Ideathon: Bali Kembali diharapkan dapat menjadi potensi untuk memberikan manfaat bagi sektor kesehatan, pariwisata, ekonomi dan sosial budaya secara langsung kepada masyarakat Provinsi Bali dalam rangka mendukung percepatan penanganan COVID-19.

C.Objek Penelitian
Daerah sasaran penelitian adalah Provinsi Bali.

D.Syarat Pengusul

  1. Ketua pengusul adalah dosen tetap perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK);
  2. Ketua pengusul memiliki rekam jejak publikasi berupa artikel di database terindeks bereputasi sekurang-kurangnya dua artikel sebagai penulis pertama atau corresponding author;
  3. Ketua pengusul minimal berpendidikan S2;
  4. Anggota peneliti adalah seluruh civitas akademika perguruan tinggi, pegiat ilmu pengetahuan dan teknologi, peneliti, dan pakar.
  5. Wajib melibatkan salah satu mitra lokal perwakilan dari pemerintah daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota, Desa), lembaga usaha, komunitas/masyarakat, atau media. Peneliti dan mitra harus secara bersama-sama memberikan kontribusi dalam pemecahan masalah secara kolaboratif dan solutif.
  6. Anggota tim peneliti maksimal adalah 5 orang

E. Tema:

  1. Kesehatan
  2. Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat
  3. Sosial dan Budaya
  4. Kebijakan publik
  5. Teknologi Informasi dan komunikasi

F. Proposal dan Laporan

Proses pengajuan proposal dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Pengusul mengisi data-data yang diperlukan meliputi judul, tema, sub-tema, mitra, lokus studi, nama pengusul, institusi pengusul, alamat, nomor hp, email melalui https://ideathonbali.bnpb.go.id/.
  2. Mengunduh format biodata pengusul dan anggota, proposal, dan kesediaan mitra.
  3. Mengunggah dokumen proposal
  4. Proposal yang diajukan harus mendapatkan persetujuan dari Ketua LPPM.


G. Pendanaan

Proposal yang lolos dalam tahap penilaian akan mendapatkan pendanaan untuk implementasi penelitian sebesar Rp. 60.000.000 (enam puluh juta rupiah).

H. Luaran Penelitian
Luaran wajib Ideathon: Bali Kembali adalah:

1) Produk penelitian berupa:

  1. Naskah akademik yang dapat berupa policy brief, rekomendasi kebijakan, atau model kebijakan strategi.
  2. Kajian ilmiah

2) Peneliti wajib mempresentasikan hasil penelitiannya dalam seminar internasional/ nasional pada saat peringatan Bulan PRB.

I. Untuk link Pendaftaran dan Informasi Lebih Lanjut Bapak/Ibu  bisa mengakses website link berikut ini: https://ideathonbali.bnpb.go.id/

Dan Batas Pengumpulan Proposal adalah 24 Maret 2021