TITLE

KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LMS BINUSMAYA: PERSPEKTIF IMPLEMENTASI CRM PADA INSTITUSI PENDIDIKAN UNTUK KARAKTERISTIK LAYANAN

TYPE

Journal Article

Abstract

Konsep customer relationship telah berubah menjadi customer engagement, yang kini dikenal sebagai konsep Customer Relationship Management (CRM). Karakteristik CRM mengakomodir tiga hal: pemasaran, penjualan, dan layanan. Industri pendidikan memiliki karakteristik paling kuat pada layanan karena keterikatan pelanggan untuk waktu yang cukup lama pada institusi pendidikan. Kepuasan pelanggan akan memberikan rekomendasi positif kepada keluarga dan kerabatnya. Sebaliknya ketidakpuasan pelanggan akan membawa rekomendasi kurang baik. Dengan demikan, pelayanan pelanggan selama masih terikat dengan perusahaan sangat menentukan keberlangsungan bisnis perusahaan selanjutnya. Penelitian dilakukan menggunakan model EUCS (End User Computing System) dimana hipotesisnya diuji berdasarkan anlisis korelasi dan anlisis regresi serta menggunakan IPA (Importance Performance Analysis) untuk melihat hal-hal yang perlu ditingkatkan dengan menghitung gap analisisnya. Berdasarkan anlisis korelasi, semua hipotesis H1 (ada hubungan) diterima dan berdasarkan anlisis regresi, semua hipotesis H1 (berpengaruh) diterima. Dan berdasarkan IPA, tiga dari lima variabel perlu peningkatan sebagai prioritas pertama. Sementara untuk prioritas kedua semua variabel perlu ditingkatkan.

Citation

Meyliana, W H. A. E and Santoso S. W. (2011). KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LMS BINUSMAYA: PERSPEKTIF IMPLEMENTASI CRM PADA INSTITUSI PENDIDIKAN UNTUK KARAKTERISTIK LAYANAN. ComTech, 2 (2), 993-1003.

Keywords

CRM, layanan, LMS, kepuasan pengguna

Published On

ComTech

Author

Meyliana

Lektor Kepala

  • Henry Antonius Eka W
  • Stephen W. Santoso

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.