TITLE

Perencanaan Pengembangan Penerbangan Perintis 2013 PTMerpati Nusantara Airlines

TYPE

Journal Article

Abstract

Penelitian ini membahas Perencanaan Pengembangan Penerbangan Perintis 2013 dari PT. Merpati Nusantara Airlines. Adapun ada beberapa hal yang mendasari Pengembangan Penerbangan Perintis: Arus lalu lintas udara yang semakin ramai merupakan lampu hijau bagi maskapai-maskapai untuk turut memasuki pasar dan bersaing memperebutkan penumpang.Pertumbuhan ekonomi yang disertai pertumbuhan lalu lintas udara tentu ikut meningkatkan pertumbuhan baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal (Angkasa Pura II, 2012). Meski demikian, masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih memiliki konektifitas yang rendah bahkan dapat dikatakan tidak ada (Kementrian Perhubungan, 2012). Untuk mengatasi hal ini, maka pemerintah diwajibkan untuk menyelenggarakan angkutan udara perintis seperti yang tertera pada pasal 104 UndangUndangNomor I tahun 2009(Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,2009). Teori yang digunakan dalam penelitian ini terkait penyusunan diagram perputaran pesawat, penyusunan rencana anggaran biaya, evaluasi kelayakan proyek, dan penyusunan laporan laba-rugi. Penelitian ini diharapkan berkontribusi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena pada tahun 2012,tercatat ada enam badan usaha angkutan udara nasional yang ikut andil dalam penerbangan perintis(Listriyarini & Bagus, 2012). Penerbangan ini mencakup 132 rute penerbangan pada 17 provinsi dengan 60% berada di daerah timur Indonesia. Secara spesifik, analisa terkait dengan jenis pesawat C-212 terkait Penerbangan Perintis. Analisa dalam penerbangan perintis ini mencakup Rute yang dijadikan sasaran pengembangan perintis mencakup KPA Ternate dengan rute Ternate-Gebe, Ternate-Mangole, Ternate-Labuha, Ternate-Morotai, Ternate-Galela, dan Mangole-Sanana, serta KPA Paludengan rute Palu-Buol, Palu-Tolitoli, Palu-Tarakan, dan Palu-Samarinda. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan tidak tertutup kemungkinan acuan terhadap penelitian lain dan selanjutnya, terutama bagi perkembangan dan kontribusi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Citation

Soebandrija K. E. N and Nurlatifah R. (2014). Perencanaan Pengembangan Penerbangan Perintis 2013 PTMerpati Nusantara Airlines. INASEA, 15 (1), 28-41.

Keywords

Penerbangan Perintis, Merpati Nusantara Airlines, Diagram Perputaran Pesawat, Evaluasi Kelayakan Proyek, Laporan Laba Rugi

Published On

INASEA

Author

  • Raisa Nurlatifah

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.