BINUS UNIVERSITY Gagas National Universities Network Indonesia (NUNI)

Sebanyak 26 perguruan tinggi se-Indonesia berkumpul di Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY dalam rangka National Universities Network Indonesia (NUNI). Acara yang digelar 3-4 Agustus 2011 ini untuk membicarakan mengenai strategi kolaborasi universitas-universitas di Indonesia.

Sebagai penggagas, BINUS UNIVERSITY bersyukur NUNI disambut baik oleh universitas-universitas di Indonesia. Selanjutnya, gagasan ini diharapkan bukanlah seremonial belaka melainkan ada tindak lanjut yang berkesinambungan dari para anggotanya.

“Kami ingin memfokuskan kekuatan nasional yang nantinya akan menuju ke arah global. NUNI bukan untuk seremoni atau promosi saja tapi dengan NUNI Kami ingin membuka kesempatan kolaborasi antara mahasiswa BINUS UNIVERSITY dan anggota NUNI lainnya,” tutur Rektor BINUS UNIVERSITY Prof. Dr. Harjanto Prabowo, MM.

NUNI diarahkan pada tiga hal, yaitu mobilisasi dosen, mahasiswa, dan penelitian. Dengan ketiga hal ini, lanjut Harjanto, maka akan muncul banyak ide baru untuk kemajuan bangsa. Dengan mereka bergerak akan banyak ide baru misalnya untuk program bersama menyelesaikan masalah di suatu daerah melalui riset, oleh dosen maupun siswa.

Sementara dari sisi pemerintah, gagasan ini mendapat dukungan dari Dirjen Dikti. “Kita inginnya jangan cuma duduk MoU tapi tidak jalan. Makanya kita sekarang menyusun dulu apa yang mau dikerjakan. Kalau sudah jelas baru MoU,” tandasnya.

NUNI merupakan kolaborasi yang dilakukan berbagai universitas di Indonesia yang bertujuan untuk memperkuat mobilitas, kualitas, dan kesinambungan pendidikan tinggi di Indonesia. Latar belakang diselenggarakannya NUNI adalah untuk merespon globalisasi pendidikan tinggi di berbagai universitas di Indonesia.

Juga untuk memanfaatkan sumber daya dan kompetensi dalam menciptakan dan menyebarkan pengetahuan. Berbagi pengalaman dan membangun kelebihan masing-masing, dan menjalin kerja sama tidak hanya bilateral tapi juga dengan sesama anggota NUNI.(YD)

Leave Your Footprint

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.