Perkembangan UMKM sebagai Penunjang Utama Ekonomi

UMKM termasuk sebagai salah satu tulang punggung perekonomian untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena perannya sebagai penopang perekonomian nasional dan juga sebagai penyedia lapangan pengerjaan untuk mayoritas tenaga kerja di Indonesia.

Pertumbuhan UMKM

Dikutip dari https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia dari data terakhir yang terlampir, bahwa data pertumbuhan UMKM dari 2015 hingga 2019, mengalami kenaikan.

Sumber : Kementerian Koperasi dan UKM RI, 2020

Dari data yang terlihat, dapat diketahui bahwa hampir tiap tahunnya 1 hingga 2 juta UMKM yang berkembang tiap tahunnya. Dengan bertumbuhnya UMKM yang memesat, pertumbuhan ekonomi akan semakin berkembang tiap waktunya. Perkembangan ekonomi akan mendorong juga untuk penduduk Indonesia memilih produk-produk dalam negeri ketimbangkan produk impor yang berasal dari luar negeri.

Cintai Produk Indonesia Melalui UMKM

Dilansir dari https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40694 upaya untuk mendukung menyukseskan program dimaksud, Pemerintah Indonesia dalam setahun terakhir juga sedang menggencarkan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih dan berbelanja produk hasil karya pengusaha dalam negeri, dengan tujuan agar pembelian terhadap UMKM semakin memesat sehingga perputaran ekonomi di Indonesia bisa semakin menanjak.

Sumber : https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023-tantangan-dan-peluang

Terlihat dari data, kontribusi UMKM di Indonesia tiap tahunnya dari tahun 2010 hingga 2019 memiliki kontribusi hingga 60% (enam puluh persen) untuk perekonomian, namun pada tahun 2020, terbilang sangat menurun, dikarenakan terjadinya pandemi COVID-19. Sehingga, perekonomian Indonesia tidak bisa disokong lagi oleh UMKM.