Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial pada 90 kepala SMK oleh RIG CrossComm

Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (Mitras Dudi) di bawah naungan Kemendikbud menggelar Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial pada 90 kepala SMK dari berbagai provinsi di Indonesia yang berlangsung dari tanggal 1 Oktober hingga 2 Desember 2020. Selama 62 (enam puluh dua) hari peserta akan mendapatkan berbagai materi pelatihan baik secara daring maupun luring yang pelaksanaannya dilakukan oleh RIG CrossComm Binus University. (Dikutip dari: https://republika.co.id/berita/qhtn1h380/kiat-menyiapkan-mental-kepala-smk-menjadi-ceo)

https://www.youtube.com/watch?v=Nyd4eWBiUMw&feature=youtu.be

“Kepala sekolah memiliki peranan penting agar sekolah tidak tertinggal dan jadi ‘trend setter‘ perubahan,” kata Wikan Sakarinto,ST,MSc., selaku Dirjen Pendidikan Vokasi  Disampaikan pula bahwa Kepala Sekolah perlu memiliki mental sebagai CEO (Chef Executive Officer) agar  SMK tidak tertinggal dan mampu  menghasilkan lulusan yang siap mandiri yang selalu menemukan solusi dan opportunity dalam memajukan Indonesia. Sebagai manajer pada satuan pendidikan, kata Wikan Kepala Sekolah harus seperti CEO perusahaan. (Dikutip dari: https://www.arahkita.com/arahdesa/read/25025/tingkatkan_komptensi__90_kepala_smk_berbagai_provinsi_ikut_pelatihan_ceo)

https://www.youtube.com/watch?v=PHAIqi-aX7c

Salah seorang peserta Pelatihan, Drs. Anak Agung Bagus Wijaya Putra, M.Pd. dari SMK 3 Denpasar menyatakan pelatihan ini menjadi bekal baginya dalam memberikan pelayanan yang lebih baik di tempat ia memgajar. “Merupakan suatu karunia bagi saya karena diberikan kesempatan mengembangkan diri  mengikuti Pelatihan CEO bersama Binus University,” katanya.

https://www.youtube.com/watch?v=tj0PM1a4RPA

Kepala Rig CrossCom Binus University, Dr. Ulani Yunus, M.Si mengaku optimis bahwa kegiatan pelatihan ini mampu mencetak CEO-CEO baru pada peserta kegiatan. “Kami optimis peserta akan mampu menjadi CEO di sekolah tempat ia mengabdi,” tandasnya. (Dikutip dari: https://www.kalderanews.com/2020/10/90-kepala-smk-digembleng-selama-62-hari-agar-bermental-ceo-perusahaan/)

(mnw)