Bincang – bincang di Negeri 3 Warna

Bincang bincang kami di Negeri Jiran sebelum puasa ini terkait hubungan Indonesia – Malaysia, sambutan yang terbuka diberikan oleh Dubes kita di Malaysia Pak Rusdi Kirana yang juga CEO Lion Air dan jajaranya Prof Ari Purbayanto dan Prof Agus Badrur. Tak ayal saya terus dibuat terkaget-kaget mendapati kondisi yang dihadapi terutama karena banyaknya tenaga Kerja Ilegal dan cara beliau – beliau dalam memperjuangkan keberadaan warga Indoneisa di Malaya dengan pendidikan. Malaysia layaknya Indonesia menunjukan keragaman etnis yang bersatu menjadi sebuah kemajuan.

dok : Pribadi Kedubes Indonesia Untuk Malaysia Mei 2018)
(ki-ka Pak Rusdi Kirana, Gayes Mahestu, Prof Ari Purebayanto, Prof Agus Badrur)

Ketika perjalanan banyak yang ditemui orang – orang hebat yang sangat membantu dalam kajian ini tak peduli apa suku, agama, ras dan negaranya mereka ramah dan terbuka dan menunjukan perbedaan membawa warna yang bagus bagi sebuah Hubungan. Hal ini sesuai dengan slogan Research Interest Group Cross Cultural Communication Binus University.

Perjalanan 4 hari ini terasa begitu sibuk dan melelahkan tetapi terbayar karena yang didapat sangat berharga. Tak hanya memberikan wawasan juga memberikan sebuah renungan

“Apa yang telah kita sumbangan terhadap Negeri ini?”

(Gayes Mahestu)

Gayes Mahestu