Rapat Kerja Dosen BINUS Menggiatkan Riset Multi- dan Interdisiplin

Pada 10-11 November 2023 berlangsung Rapat Kerja Faculty Member BINUS University, bertempat di Bigland Hotel Bogor, Jawa Barat, dengan tema Penguatan Faculty Members dalam Memanfaatkan Teknologi Digital dan Kecerdasan Buatan guna Mendukung Akselerasi Catur Darma yang Terintegrasi.

Salah satu sesi utama dari rangkaian kegiatan dua hari tersebut adalah Konsultasi Riset Multi/Interdisiplin, di mana para dosen BINUS University berdialog dengan para ketua kelompok riset multidisiplin yang ada di BINUS University, baik Research Interest Group (RIG) Leaders maupun Research Center (RC) Heads.

Dalam kesempatan ini, Vice Rector – Research and Technology Transfer, Prof. Dr. Juneman Abraham, bersama pada kepala kelompok riset menyampaikan paparan mengenai pengertian riset multidisiplin dan interdisiplin, serta arti pentingnya.

Mengenai perbedaan antara istilah Riset Multidisiplin dan Riset Interdisiplin, dijelaskan dalam Pra-Rapat Kerja FM tanggal 14 dan 28 Oktober 2023, sebagai berikut:

Dalam pendekatan multidisiplin, masing-masing disiplin ilmu bekerja secara independen untuk menyelesaikan suatu masalah dari perspektifnya sendiri.
– Meskipun ada kolaborasi, tidak ada upaya untuk menyatukan atau menggabungkan metode, teori, atau konsep dari disiplin yang berbeda.
– Contoh: Dalam penelitian mengenai dampak perubahan iklim di suatu kota, ahli geografi mungkin akan fokus pada analisis perubahan pola cuaca, ahli biologi pada dampak terhadap ekosistem lokal, dan ahli ekonomi pada dampak terhadap ekonomi lokal.
• Masing-masing menghasilkan temuan dari perspektifnya sendiri tanpa mencoba mengintegrasikan pengetahuan antar disiplin.

Pendekatan interdisiplin melibatkan integrasi teori, metode, dan data dari dua atau lebih disiplin untuk menciptakan sebuah kerangka kerja atau pendekatan baru yang lebih kohesif.
– Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam atau menemukan solusi baru yang tidak mungkin ditemukan dengan hanya menggunakan satu disiplin saja.
– Contoh: Dalam penelitian tentang kesejahteraan pasien/klien di rumah sakit, psikolog klinis bekerja sama dengan arsitek untuk bersama menciptakan desain ruangan yang mendukung kesejahteraan mental dan fisik pasien/klien.
• Mereka mengintegrasikan pengetahuan dari psikologi dan arsitektur untuk mencapai sebuah hasil yang optimal.

Dalam kesempatan Pra-Raker FM maupun Raker FM, para dosen BINUS University menegaskan pilihannya untuk bergabung dalam salah satu kelompok riset. Berikut ini adalah data Research Interest Group dan Research Center yang ada di BINUS University.

 

 

Berikut ini merupakan sebagian gambaran situasi diskusi riset multi/interdisiplin antara FM bersama RIG Leader dan Research Center Head.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut ini merupakan data pilihan dosen BINUS University terhadap kelompok-kelompok riset dalam Pra-Raker FM tanggal 28 Oktober 2023 (N= 923 FM).

Berikut ini merupakan data pilihan dosen BINUS University terhadap kelompok-kelompok riset dalam Pra-Raker FM tanggal 11 November 2023 (N = 559 FM).

Dalam kesempatan ini, juga dijelaskan perbedaan antara riset dasar, riset terapan, dan riset pengembangan, sebagai berikut:

• Riset Dasar berorientasi kepada penjelasan atau penemuan (invensi) guna mengantisipasi suatu gejala/fenomena, kaidah, model, atau postulat baru yang mendukung suatu proses teknologi, kesehatan, pertanian, dan lain-lain dalam rangka mendukung penelitian terapan.

• Riset Terapan jalur hilirisasi diharapkan sebagai lanjutan penelitian dasar dengan output prototipe/karya monumental (hingga uji coba pada mitra industri/mitra industri kreatif) atau naskah kebijakan (hingga uji publik dan surat pernyataan bahwa dokumen akan digunakan dari pejabat minimal setingkat Eselon II dari otoritas yang sesuai).

• Riset Pengembangan diharapkan untuk mempercepat komersialisasi hasil penelitian dengan melibatkan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam prosesnya.
• Output wajib Riset Pengembangan dapat berupa produk industri (dokumen uji coba prototipe laik industri pada lingkungan terbatas maupun sebenarnya; dokumen feasibility study dan business plan; memiliki mitra investor yang dibuktikan dengan surat pernyataan yang berisikan komitmen penyertaan dana oleh mitra) atau produk kebijakan.

Sumber: https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/03/Panduan-Penelitian-dan-Pengabdian-kepada-Masyarakat-Tahun-2023.pdf

Berikut ini adalah topik-topik riset multi/interdisiplin yang didiskusikan pada Rapat Kerja FM, 11 November 2023.

Research Group / Topik Topik 1 Topik 2 Topik 3 Topik 4 Topik 5 Topik 6 Topik 7 Topik 8 Topik 9 Topik 10 Website
CBDE Penggunaan Influencer Digital dan Isu Etika Pembelian Berkelanjutan dan Konsumsi Hijau dalam Konteks Digital Pengaruh Budaya Lokal terhadap Perilaku Konsumen Digital Pengaruh Chatbots dan Kecerdasan Buatan dalam Pelayanan Pelanggan Penggunaan NFT (Non-Fungible Tokens) dalam Seni dan Hiburan Pengaruh Deepfake pada Kepercayaan Konsumen dan Kredibilitas Media Digital Interaksi Suara dalam UI/UX http://research.binus.ac.id/cbde
SMEEI Innovation and Entrepreneurship Innovation Digital and Sustainability Business in 4.0 Digital Business https://research.binus.ac.id/smeei
EduTech Indonesian Corruption Index : Decision Support System Based on Public Perception Self Assesment Profile for Investment Risk Virtual Reality Gamification Personality Assessment – MBTI Augmented Reality-Virtual Reality a Media Interactive to Learn Science Indonesian Entrepreneurship Index (IEI): Support System Literasi, Numerasi & Entrepreneurial Mindset Assesment ( LINEN Assessment) Personalized e-Learning and Post Test Based Text Mining Indonesian Sustainability Architecture Index (ISAI): Predictive AI Quality of Work Life Face Recognition Sentimen Analysis Platform for current issue https://research.binus.ac.id/edutech/
Geo-Eco AI Geospatial Artificial Intelligence AI in Fintech & Blockchain AI in Social Media Analytics https://research.binus.ac.id/geoecoai/
D-LAB Digital Language Education & Training (Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Digital) Digital Behavior towards Sustainable Commodities & Industries (Perilaku Digital untuk Komoditi & Industri yang Berkelanjutan) Digital Behavior in Sustainable Urban Communities (Perilaku Digital di Komunitas Urban yang Berkelanjutan) Digital Health and Well-Being (Kesehatan dan Kesejahteraan Digital) https://research.binus.ac.id/dlab/
PCS Elevating mood through automated flute players Culinary advancements: Automated cooking for the elderly or to boost culinary tourism Coffee classification using machine learning and LIBS method Post-earthquake victim locator robot Digital farming: Analyzing products for customer satisfaction Children’s education cartoons focusing on remote area challenges Rice dispenser for underprivileged families Radiation detection via image processing for precise cooking temperatures Automated determination of food expiration dates Technological support for interior design https://research.binus.ac.id/rigpcs/
Q&DS Decision model for determining the best location and investment in food crops Decision model in new energy field based on environment aspect Decision and performance evaluation model in health industry Decision and evaluation model for road traffic engineering and green transportation implementing Decision, evaluation, controlling, and simulation model implementation (based on IoT, AI, big data) in several fields/industries Decision and evaluation model for post-disaster, risks of cyber attacks/terrors Decision and evaluation model for marine products/management Decision, classification, and evaluation model for social inequality, SARA content, hoax content, digital communication, etc. Decision and classification model for waste and pesticide Decision and evaluation model for business and management https://research.binus.ac.id/qds/
WFE Nexus Waste-Food Research Waste-Environmental Research Food-Environmental Research Multidisciplinary Environmental Research https://research.binus.ac.id/wfenexus/
BDSRC Computational Biology & Biostatistics AI & Data Science for Behavior Analysis Bioinformatics for Medical/Healthcare AI and Data Science for Medical/Healthcare Bioinformatics and Data Science for Life Science AI for Environmental and Life Science AI and Data Science for Agriculture AI and Data Science for Social Science https://research.binus.ac.id/bdsrc/
FoodBioTech Business plan & hilirisasi produk Digitalisasi marketing & desain produk Analisis uji aktivitas biologi & senyawa kimia pada sumber daya hayati Pengembangan produk inovasi bioteknologi sebagai pangan fungsional, nutraseutikal, farmaseutikal & kosmetik https://research.binus.ac.id/fbrc/

 

 

Juneman Abraham