Kecerdasan Buatan dalam Event Tangerang Kolaborasi Inovasi Pembangunan

Pada 23 November 2023, Prof. Dr. Juneman Abraham menjadi narasumber seminar ”Tangerang Kolaborasi Inovasi Pembangunan”. Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan Kualitas Inovasi Daerah Dalam Mendukung Pembangunan Yang Berkelanjutan.

Dr. Abraham memaparkan tentang Artificial Intelligence dan Arah Pendidikannya, bertempat di Ballroom Hotel Novotel Tangcity Superblok, Jl. Jend Sudirman No 1, Kota Tangerang. Ia memberikan eksposur tentang pengembangan dan pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada sektor Pemerintahan serta bagaimana BINUS University mendidik sumber daya manusianya untuk menjadi pengguna maupun pengembang AI, mitra yang baik dan beretika dalam berkerja sama dengan Pemerintah maupun Swasta.

Acara seminar merupakan bagian dari rangkaian kegiatan selama dua hari yang diisi dengan Penyerahan Penghargaan Inovasi Daerah, Penghargaan Kolaborasi Pembangunan, Penandatanganan MoU Smart City, Lokakarya Inovasi Daerah, serta Pameran Inovasi dengan mengundang Praktisi Inovasi.

Kegiatan Dr. Abraham sebagai narasumber ini akan segera disusuli dengan Nota Kesepahaman antara BINUS dan Pemerintah Kota Tangerang, sebagaimana pokok pembicaraan Dr. Abraham dengan Kepala Bappeda Kota Tangerang, Decky Priambodo, di tengah-tengah seminar yang berlangsung.

Perlu diketahui bahwa Rektor BINUS University merupakan Penasihat dalam Dewan Smart City Kota Tangerang berdasarkan Keputusan Walikota No. 800/Kep. 476-Kominfo/2021.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, BINUS University mengirimkan 5 (lima) buah inovasi yang ditampilkan di boot inovasi selama 2 hari, yakni:

1) Pisang Unggul Super – Pisang TORPEDO (Tanduk Organik Penerapan Bioteknologi di Indonesia)

Pisang unggul super baru yang disebut dengan pisang TORPEDO memiliki rata-rata bobot buah 635 gr/buah dengan rata-rata bobot satu tandan sebesar 17,31 Kg. Pisang tanduk unggul super ‘Pisang TORPEDO’ baru dengan produktivitas tinggi, rasa buah enak dan bibit dapat dihasilkan dalam jumlah besar. Pisang TORPEDO yang dihasilkan merupakan hasil dari variasi somaklonal pada eksplan tanaman pisang tanduk. Pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT) yaitu hormon benzil amino purine (BAP) sebesar 4 mg/L pada media kultur telah menyebabkan variasi somaklonal pada genetik pisang tanduk induk.

2) Produk Minuman Fungsional Tyherbs Sebagai Pencegah Kanker

Tyherbs : Produk minuman fungsional Tyherbs berupa serbuk instan dari ekstrak mutan unggul keladi tikus (Typhonium flagelliforme Lodd.) sebagai pencegah penyakit kanker. Salah satu tanaman obat antikanker alami yang potensial untuk dikembangkan adalah keladi tikus (Typhonium flagelliforme Lodd). Ekstrak umbi keladi tikus unggul telah diuji secara in vitro mampu menghambat dan membunuh pertumbuhan sel kanker payudara MCF-7 namun tidak memiliki efek penghambatan pertumbuhan pada sel sehat. Sehingga dengan adanya produk Tyherbs diharapkan dapat membantu mengatasi masalah peningkatan penyakit degeneratif pada masyarakat Indonesia.

3) Desain kursi kerja berbasis Active-Seating

Desain kursi kerja yang mendukung keaktifan pengguna dalam mengubah posisi duduk selama bekerja dibelakang meja (duduk dan berselonjor)

4) Desain produk konversi air laut menjadi air minum bersih dengan mekanisme evaporasi dan kondensasi

Desain produk pengonversi air laut menjadi air minum bersih yang siap dimanfaatkan dengan proses mekanisme evaporasi dan kondensasi yang menghasilkan garam laut disamping air bersih.

5) Perancangan Desain Produk Pengukuran Untuk Deteksi Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Anak

Karya ini merupakan sebuah rancangan produk alat ukur dimensi dan berat anak yang portable untuk mendeteksi gejala stunting/gizi buruk pada anak yang diperuntukkan di Puskesmas dan Posyandu

 

 

 

 

 

 

 

 

Juneman Abraham