BINUSIAN diundang Riset oleh BI Institute Pada Momen Penandatanganan Kerja Sama Perluasan Bantuan Penelitian

Pada 29 Agustus 2023, Bapak Yoga Affandi, Ph.D. selaku Head of Bank Indonesia Institute menyampaikan undangannya kepada dosen dan mahasiswa BINUS University dan 7 perguruan tinggi lain untuk melakukan riset di seputar digitalisasi, ekonomi hijau,  dan kebanksentralan. Ada dua skema yang akan dibuka yaitu BanLit (Bantuan Penelitian) untuk mahasiswa yang menulis tugas akhir (S1, S2, S3) serta RGB (Research Grant Bank Indonesia) untuk para dosen. Riset yang dimaksud bersifat interdisiplin.

Undangan tersebut disampaikannya saat membuka acara Penandatanganan Diseminasi Hasil Riset, Promosi Program Riset, dan Kuliah Umum di gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Turut hadir perwakilan dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pertanian Bogor. Dalam pembukaannya, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil. Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis – selaku tuan rumah kegiatan ini – menyampaikan betapa UNHAS dan BINUS University telah terkoneksi melalui NUNI (Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara).

Pada rangkaian acara tersebut, dilakukan Penandatanganan secara simbolis Perjanjian Kerja Sama (PKS) Perluasan Bantuan Penelitian (Banlit) sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama Program Perluasan Bantuan Penelitian (Banlit) antara Bank Indonesia Institute dengan BINUS University, diwakili oleh Prof. Dr. Juneman Abraham selaku Vice Rector – Research and Technology Transfer, atas amanat dari Rektor BINUS University, Ibu Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA. Sebelum telah terdapat sejumlah kerja sama antara Bank Indonesia dan BINUS University.

Berikut ini adalah arahan mengenai riset yang hendak dikolaborasikan oleh Bank Indonesia Institute dengan para akademia dari BINUS. Saat ini panduan detail untuk pembukaan BanLit terdekat masih sedang difinalkan, Sedangkan, gambaran tentang Research Grant BI Institute (RGB) dapat diperoleh melalui link SPEKTRO BI.

Sebagai tambahan informasi, saat ini jurnal-jurnal Bank Indonesia juga hadir di sosial media, dengan dua jurnal berstatus Scopus Q2, yaitu Bulletin of Monetary Economics and Banking serta Journal of Islamic Monetary Economics and Finance.
***

 

Kepala Bank Indonesia Institute, Yoga Affandi, bersama Vice Rector – Research & Technology Transfer BINUS University

Kepala Pusat Riset Bank Indonesia Institute, Iman Gunadi, bersama Vice Rector – Research & Technology Transfer BINUS University

***

 

Juneman Abraham