Research Meeting Kolaborasi BINUS @ Bandung, BINUS @ Malang dalam PIB

Pada 9 Juni 2023, dilaksanakan meeting perdana Penelitian Internasional BINUS yang mengangkat tentang KOLABORASI UMKM DENGAN AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE): PELUANG DAN TANTANGAN AKADEMIA SEBAGAI MEDIATOR DIGITAL BUSINESS LITERACY. Penelitian ini direncanakan akan disertai workshop/lokakarya bagi UMKM yang terlibat dalam riset ini.

Ringkasan Rencana Penelitian:

Sumber-sumber literasi bisnis digital dapat diperoleh UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menangah) saat ini dengan lebih mudah dibandingkan masa-masa sebelumnya dengan teknologi internet. Sumber literasi itu ada yang berbayar (misal online course by paid subscription) maupun yang gratis (misal, via Youtube).

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) saat ini menjadi salah satu sumber alternatif baru yang sangat potensial untuk membuka meningkatkan literasi bisnis digital. Kendati demikian, pada taraf perkembangannya saat ini, disadari bahwa AI masih memuat bias dan error yang dapat juga memberikan literasi yang keliru.

Penelitian ini bertujuan hendak menghasilkan model sikap pelaku UMKM terhadap potensi kolaborasi antara mereka dan AI (kecerdasan buatan), khususnya ChatGPT. Penelitian ini melanjutkan studi-studi sebelumnya oleh Ketua dan Anggota Peneliti, yang telah terlebih dahulu menggunakan kerangka Technology Acceptance Model. Desain penelitian ini adalah korelasional prediktif dengan teknik analisis moderated regression. Bias dan error yang tadi disebutkan, diyakini peneliti dapat dikurangi dengan keahlian manusia sebagai moderator.

Penelitian ini dilakukan selama 1 tahun (2023) oleh tim lintas disiplin antara Psikologi, Entrepreneurship Business Creation, dan Creatiepreneurship, serta bekerja sama dengan partner internasional dari Austria yang memiliki keahlian literasi digital. Penelitian ini diharapkan mampu mengidentifikasikan faktor-faktor psikososial yang memprediksikan kolaborasi UMKM dan AI, sehingga dapat ditindaklanjuti oleh pembuat kebijakan di bidang perekonomian.