TITLE

TINGKAT KEBERHASILAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCES PLANNING DI BUMN SEKTOR MANUFAKTUR DI INDONESIA

TYPE

Journal Article

Abstract

Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) adalah investasi tidak tampak dalam suatu organisasi. BUMN Indonesia secara khusus sektor manufaktur yang mempunyai keleluasaan dan otonomi untuk melakukan investasi ERP dalam mendukung pencapaian visi misinya. World Economic Forum, menempatkan Indonesia pada ranking 82 diantara negara-negara di dunia dalam pemanfatan ICT. Riset ini ditujukan untuk menguji seberapa besar investasi yang telah ditanamkan dalam bidang Teknologi Informasi pada BUMN sektor manufaktur, dan sejauh mana investasi tersebut berdaya guna bagi daya saing perusahaan maupun kontribusinya bagi roda perubahan pada bisnis telekomunikasi di Indonesia. Riset ini dilakukan untuk mengeksplorasi kinerja proyek implementasi ERP. Tingkat keberhasilan implementasi ERP dilihat dari aspek pengelolaan proyek, penentuan urgensi elemen kritis dan faktor kontekstual. Hasilnya bahwa semua variable independent berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan implementasi ERP di sektor manufaktur BUMN. Yang paling besar kontribusi terhadap keberhasilan tersebut secara berurutan adalah, faktor penentuan urgensi elemen kritis, faktor kontekstual, dan pengelolaan proyek.

Citation

Simamora B. H, Wicaksono K. C. B, Toindo H and Rudi. (2015). TINGKAT KEBERHASILAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCES PLANNING DI BUMN SEKTOR MANUFAKTUR DI INDONESIA. Binus Business Review, 6 (2), 184-195.

Keywords

Enterprise Resource Planning (ERP), kinerja ERP, critical element (CE), pengelolaan proyek, penentuan urgensi elemen kritis, faktor kontekstual

Published On

Binus Business Review

Author

Bachtiar H. Simamora

Lektor Kepala

  • Kuspuji Catur Bagus Wicaksono
  • Harly Toindo
  • Rudi

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.