TITLE

Analisis dan desain data warehouse pada pengembangan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah (E-Goverment Procurement)

TYPE

Seminars

Abstract

E-Procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik. Tulisan ini bertujuan mengarahkan hubungan antara sistem online auction yang akan beroperasi dengan bantuan teknologi informasi dengan teknologi data warehouse. Sistem Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang berbasiskan internet dapat digunakan untuk mewujudkan transparansi pengadaan barang dan jasa di lingkungan departemen yang ada di pemerintahan. Sistem ini menggunakan pendekatan object-oriented dan berbasis internet, sehingga diperoleh hasil yang bersifat online, sederhana, fleksibel, mudah diimplementasikan di berbagai daerah, mudah diakses oleh pengguna (user) yang pada akhirnya meningkatkan kinerja proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Data warehouse didesain dengan tujuan untuk dapat menggambarkan data yang berasal dari transaksi suatu sistem dan menyediakan dukungan analisis bagi pengambilan keputusan untuk penggunanya. Metode analisis dilakukan dengan menganalisa sistem yang sedang berjalan kemudian mendesain data warehouse dan evaluasi terhadap data warehouse.

Citation

Miranda E and Julisar. (2010). Analisis dan desain data warehouse pada pengembangan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah (E-Goverment Procurement). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2010, 1-7. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Keywords

analisis, e-procurement, data warehouse

Published On

Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2010

Author

Eka Miranda

Lektor

  • Julisar

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.