PERTEMUAN KOORDINASI BINUS RIG CROSSCOMM DENGAN KEPALA DESA CANGKUDU

Binus RIG CrossComm melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Cangkudu pada hari Selasa, 12 Maret 2019. Pertemuan koordinasi tersebut dilaksanakan untuk membahas lebih lanjut kerja sama antara Binus RIG CrossComm dengan Kepala Desa Cangkudu, Bapak Haji Amir Hamzah untuk mengembangkan desa tersebut menjadi lebih akrab dengan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari – hari dan meningkatkan kehidupan perekonomian setempat.

Acara dibuka oleh Ibu Retno Dewanti selaku Community Development Manager Binus University didampingi oleh Ibu Maryani dan Bapak Hasan. Tiga tim menjadi perwakilan dari Binus RIG CrossComm dalam rapat ini yakni pemberdayaan perempuan dan lingkungan oleh Ibu Siswantini, tim innovasi TV lokal terdiri dari Ibu Ulani Yunus, Ibu Bhernadetta Pravita dan Bapak Mariko Rizkiansyah. Sementara Bapak Mario Nugroho dan Ibu Kezia merupakan perwakilan tim pelatihan bahasa Inggris untuk mendukung inovasi koran desa dan TV lokal desa Cangkudu.

Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan beberapa poin utama untuk pengembangan desa Cangkudu dalam jangka waktu satu tahun kedepan, diantaranya:

  1. Binus membantu Desa Cangkudu untuk mengembangkan teknologi tepat guna dalam bidang sistem informasi.
  2. Binus RIG CrossComm akan memberikan pelatihan kepada pemuda-pemudi Karang Taruna Cangkudu untuk mendirikan dan mengembangkan stasiun TV lokal agar dapat menjadi pemasukan pendapatan bagi desa Cangkudu.
  3. Binus RIG CrossComm akan memberikan pelatihan bahasa Inggris bagi pemuda-pemudi Karang Taruna Cangkudu untuk pengembangan koran dan TV lokal.
  4. Binus RIG CrossComm membantu warga setempat terutama Ibu-Ibu PKK Cangkudu untuk mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual dan memberikan kesadaran mengenai kebersihan sampah.

Pada akhir pertemuan, Binus RIG CrossComm melakukan diskusi dengan pemuda-pemudi Karang Taruna Cangkudu dan Ibu – ibu PKK mengenai materi – materi terkait pelatihan dan pengembangan koran desa yang telah berjalan, serta perencanaan  program TV lokal, pelatihan bahasa Inggris dan pengelolaan sampah.

Kegiatan ini menjadi kegiatan riset member RIG Crosscomm. (MR)