Perpustakaan Digital Berbasiskan Raspberry Pi

Mahasiswa dan dosen Jurusan Sistem Komputer dari Universitas Bina Nusantara, Edward Evannov Santo Wiguna, Hendry Lie dan Rinda Hedwig membuat perangkat Perpustakaan Digital yang dibangun pada mini computer Raspberry Pi.

Perpustakaan Digital ini untuk meningkatkan minat baca anak-anak khususnya di daerah pedesaan dan pedalaman yang tidak memiliki akses internet dan tegangan listrik yang tidak stabil. Perpustakaan ini terdiri atas 1 buah server, 4 buah klien dan lebih dari 1400 konten berupa e-book maupun video dari berbagai sumber. Keunggulan Perpustakaan Digital ini adalah menggunakan total daya listrik hanya 55 Watt, tahan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil, dan tidak membutuhkan akses internet untuk mengakses konten digitalnya.

Perpustakaan ini telah diluncurkan pada tanggal 21 September 2018 lalu di SMP Negeri 2 Sipahutar, desa Onan Runggu, Tapanuli Utara, Sumatera Utara dan sangat diminati oleh para siswa dan guru. Diharapkankan perpustakaan digital ini dapat disebarluaskan di seluruh daerah di Indonesia sebagai bagian dari pengembangan perpustakaan yang ada di daerah-daerah.

Leave Your Footprint

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.