BINUS UNIVERSITY, KEMENKOPOLHUKAM RI dan Artha Graha Group Melangsungkan Focus Group Discussion Pendidikan Kebangsaan “Suara Untuk Papua”

Jakarta, 29 Juli 2015 – BINUS Research Interest Group of Education  Technology, BINUS UNIVERSITY bekerjasama dengan KEMENKOPOLHUKAM RI dan Artha Graha Group, Hotel Borobudur akan mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Focus Group Discussion (FGD) berlangsung pukul 09.00 – 13.00 di Ruang Flores A, Hotel Borobudur, Jakarta.

Papua adalah kita, Mengenal Papua akan memperkenalkan kita pada Indonesia. Masalah sekaligus solusi  bagi persoalan Papua terletak di Jakarta sebagai pusat kekuasaan Indonesia. Focus Group Discussion (FGD) akan diramaikan dengan berbagai tamu undangan yang terdiri dari Budayawan, Akademis atau Ilmuwan yang meliputi: Sejarah, Ekonomi, Hukum (Tata-Negara, HAM , Internasional), Sosial dan Politik serta Birokrat, TNI atau Polri dan Pengamat Papua.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) akan membahas mengenai empat kategori persoalan yang meliputi:

  • Sejarah integrasi, status politik dan identitas politik
  • Kekerasan politik dan pelanggaran HAM
  • Kegagalan pembangunan
  • Inkonsistensi kebijakan Otsus dan Marjinalisasi orang Papua

Akan menjadi bahan pertanyaan bersama mengenai Sejarah Penamaan Papua, Tanah Papua didalam Proklamasi 17 Agustus 1945, Tanah Papua didalam Konverensi Meja Bundar (KMB), Tanah Papua dalam perjanian-perjanjian Internasional, Sistem pemerintahan yang berlaku di Tanah Papua setelah 1 Mei 1963, Operasi Militer terhadap rakyat Papua, Otonomi khusus dan Papua Tanah Damai.

Focus Group Discussion (FGD) bertujuan untuk mengembangkan bidang keilmuaan Pendidikan Kebangsaan terkait dengan masalah sosial kemasyarakatan dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmuan melalui pendekatan interdisipliner yakni mengintegrasikan Ilmu Sejarah kebangsaan dengan disiplin-disiplin ilmu lain yang relevan, Mencari alternatif pemikiran, solusi dan rekomendasi praktis terhadap masalah sosial Kemasyarakatan, Kebangsaan, Kewarganegaraan dan Kependudukan Indonesia, memberi  sumbangan terhadap penyebaran informasi tentang isu-isu aktual pendidikan kebangsaan dalam hal ini terkait dengan bangsa Papua, membangun kembali sarana komunikasi pendidikan kebangsaan antara pusat dan daerah serta sebaliknya dalam mewujudkan revolusi mental bangsa serta membangun kembali sarana yang efektif dalam rangka penyebaran dan pertukaran informasi tentang metode penelitian pendidikan kebangsaan.

Semoga dengan adanya Focus Group Discussion (FGD) Suara Untuk Papua, sebagai bagian dari Satu Nusa Satu Bangsa Negara Republik Indonesia, bersama, mari kita sekalian menelusuri kembali proses sejarah penggabungan wilayah Tanah Papua kedalam Republik Indonesia dengan memilih-milih dan meneliti proses tersebut secara bermartabat dan menjunjung sesuai dengan butir ke lima dari Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tutup (Prof. Sasmoko, Research Interest Group Leader – Education Technology).

—000—

Sekilas tentang BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang besar di daerah Jakarta sejak 34 tahun yang lalu dan ditargetkan akan menjadi world-class university  di tahun 2020. Hal ini sesuai dengan visi BINUS 20/20 “A world-class university, in continuous pursuit of innovation and enterprise”. Visi ini bukan hanya sekedar janji, tapi dalam setiap langkahnya, BINUS UNVERSITY menunjukkan keseriusan atau komitmen untuk mencapai visi tersebut.

Berbagai upaya dilakukan untuk mendekatkan BINUS UNIVERSITY pada universitas kelas dunia, seperti dengan menerapkan ISO 9001 sebagai parameter kualitas manajemen sejak tahun 1997. Menyadari pentingnya kerja sama dengan berbagai universitas dunia lainnya, BINUS UNIVERSITY juga bekerja sama dengan universitas-universitas di Amerika, Eropa, Asia, dan Australia untuk melakukan penelitian bersama, pertukaran pelajar dan faculty member, serta program double degree.

Selain dengan universitas-universitas kenamaan dunia, BINUS UNIVERSITY juga menjalin kerja sama dengan perusahaan global dalam bentuk kerja praktek. Atas usahanya, BINUS UNIVERISTY meraih lima bintang untuk kategori teaching, employability, facilities, access and engagement oleh Quacquarelli Symonds (QS). Sebagaimana yang diketahui, QS Stars adalah sebuah lembaga kredibel yang dipercaya dalam penilaian pendidikan tingkat universitas diseluruh dunia. BINUS UNIVERSITY juga dianugerahi sebagai universitas swasta terbaik oleh KOPERTIS Wilayah III Jakarta pada tahun 2012-2013, dan sebagai Indonesia Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study in Indonesia and Asia oleh Asian Make.

 

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi :

Theresia Hastuti

Marketing Communication

BINUS UNIVERSITY

Ph                           : 021-5345830 ext. 2150

Cell                         : 0813 1651300

Email                       : thastuti@binus.edu

Website                 : www.binus.edu

 

Leave Your Footprint

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.