Hindari Jurnal Predator!

Dear Bapak/Ibu Faculty Member,
Dari tahun ke tahun jumlah artikel peneliti BINUS yang terbit di jurnal internasional kian bertambah berkat upaya dan kerja keras Rekan-Rekan sekalian. Sejauh ini BINUS adalah PTS di Indonesia dengan jumlah artikel terbanyak yang diindeks di SCOPUS. Di tahun 2015 RTTO akan tetap mendukung upaya-upaya penerbitan artikel dalam jurnal internasional.

Sehubungan dengan terbitnya Keputusan Menteri Ristek dan Dikti mengenai pedoman JJA yang baru, kami, bekerjasama dengan LRC, telah mengundang kehadiran Kepala Tim Asesor JJA Kopertis untuk melakukan sosialisasi hal tersebut. Dalam kunjungannya ada hal penting yang kami adopsi dalam pengawalan penerbitan. Dalam penilaian kenaikan jenjang, tim asesor Kopertis dan Dikti telah mengadopsi pedoman jurnal predator yang dikeluarkan oleh Jeffrey Beall, seorang pemerhati dunia penerbitan jurnal ilmiah. Situs web tersebut ada di http://scholarlyoa.com/<http://scholarlyoa.com/>. Jurnal predator dimaksudkan sebagai “vanity publishing” yaitu asal terbit. Peer review yang minim, dan biaya yang mahal adalah beberapa ciri-ciri jurnal predator. Jurnal predator juga sering mengirim undangan menulis artikel dengan kata-kata yang menyanjung sehingga para peneliti sering terkecoh. Ada beberapa kasus dimana sebuah jurnal yang tadinya dikelola dengan baik setelah terindeks SCOPUS lalu berubah menjadi jurnal predator untuk mengeruk keuntungan. SCOPUS tidak selalu cepat dalam hal ini sehingga ada beberapa jurnal predator yang juga terindeks SCOPUS.

Sejauh ini per Februari 2015 RTTO mulai memberikan saran untuk para penulis BINUS untuk menjauhi jurnal-jurnal tersebut namun belum secara aktif melakukan sosialisasi. Dengan email ini diharapkan para penulis menjadi aware terhadap jurnal-jurnal ini.

Kami akan berhenti melakukan pembiayaan terhadap jurnal-jurnal tersebut.
Kami akan berhenti memberikan insentif terhadap artikel-artikel yang terbit di jurnal-jurnal tersebut.

Daftar penerbit jurnal predator:
http://scholarlyoa.com/publishers/

Daftar jurnal predator secara individual:
http://scholarlyoa.com/individual-journals/

Untuk informasi mengenai sebuah jurnal internasional kami sarankan agar menghubungi RTTO terlebih dahulu sebelum melakukan submission agar hal-hal yang dapat mempengaruhi masa depan anda dapat dijaga. Kami dapat dihubungi melalui email di:
Anindito – Internationalization Sect. Head/RTTO
anindito@binus.edu<mailto:anindito@binus.edu>
atau
Internationalization Staff – RTTO
Paula Rita Wijayanti – pwijayanti@binus.edu<mailto:pwijayanti@binus.edu>
Ratna Kartikasari – rkartikasari@binus.edu<mailto:rkartikasari@binus.edu>

  1. […] Sumber Copas dari http://research.binus.ac.id/2015/04/28/fm-kebijakan-universitas-hindari-jurnal-predator/ […]